08 May 2020

Tiga Tahun yang Istimewa


Bagi banyak orang, tahun 2020 adalah tahun yang "luar biasa" banyak hal terjadi sejak detik pertama tahun ini dimulai.

Buat saya, kejutan-kejutan luar biasa sudah terjadi sejak 2018. Baik itu kejutan manis maupun pahit. 2018 mungkin menjadi tahun terindah selama hidup yang saya jalani. Pada tahun tersebut saya diberi kesempatan umrah, melihat, menyentuh dan merasakan harumnya Ka'bah.. Pertama kalinya memasuki Masjidil Haram saya menangis karena terharu, seperti mimpi saja rasanya. Menjadikan tahun 2018 sangat spesial dan membahagiakan.

Tahun 2019 diawali dengan cukup smooth.. Rencana dan target-target perbaikan diri  (terutama mengubah gaya hidup menjadi lebih minim sampah dan tidak konsumtif) sedikit demi sedikit tercapai meskipun belum 100%.
Tapi.. di akhir tahun yang sama saya mendapat pelajaran hidup yang hmm.. luar biasa juga. Tepatnya disadarkan dan diingatkan bahwa manusia itu tidak memiliki kekuasaan melawan takdir. Meskipun sudah berusaha memilih jalan paling aman dan melangkah sehati-hati mungkin belum tentu kita luput dari bahaya di depan. Semuanya sudah digariskan, manusia hanya bisa berikhtiar dan memasrahkan diri. 

Lalu datanglah tahun 2020. Bagi banyak orang tahun ini terasa sangat ngegas dari awal, belum apa-apa sudah bikin babak belur hehehe.. Termasuk saya yang juga ikutan kena imbasnya. Apalagi hantaman itu sudah saya rasakan sejak akhir 2019, jadi belum sempat ngambil napas sudah ada tantangan lagi 😅. Berat sih, tapi semoga saja kita semua bisa melewatinya ya..

Persamaan dari tiga tahun istimewa ini, banyak hal yang terjadi tanpa direncanakan. Saya tidak pernah menyangka bisa berangkat umrah tahun 2018. Saya juga tidak menyangka mendapat pelajaran hidup di akhir tahun 2019. Dan hampir semua orang tidak menyangka tahun 2020 berlangsung seperti saat ini.

Salah satu upaya saya untuk tetap waras survive adalah berusaha fokus pada hal-hal positif yang saya peroleh setiap hari, alih-alih memikirkan prediksi negatif yang belum tentu terjadi.  

Iya, memang hidup tidak mudah, tapi pasti selalu ada hal yang bisa kita syukuri... ya kan? *smile*

Tetap sehat dan semangat ya guys!

*ditulis saat tidak bisa tidur gara-gara minum kopi instan setelah beberes dapur

1 comment:

  1. iya, tahun 2020 ini bener2 bikin babak belur.. semoga masa2 sulit ini segera berlalu

    ReplyDelete