18 April 2020

Di Rumah Aja

Hari Ke 35

Mari merekap kegiatan apa saja yang kami sekeluarga lakukan saat karantina di rumah.

1. Berjemur . Ambu dan Babeh biasanya mengawali kegiatan dengan berjemur di teras rumah, sementara anak-anak mengerjakan tugas online dari sekolah. Kalo tugasnya udah selesai, gantian deh mereka yang berjemur.. kita sun bathing kaya di pantai.

2.     Olahraga. Kalo lagi nggak males, ambu dan babeh lanjut olahraga ringan yang penting keringetan. Eh tapi beberapa hari terakhir ini olahraganya lagi disetop dulu, alesannya karena berat badan si babeh turun drastis jadi 62-an hih nggak sopan, lagian Indonesia banget ya, mentang-mentang warga +62. Masa nanti berat badanku dan dirinya sama.. tidak bisaaa, aku gak rela.

3.      Makan Nasi Pake Ceplok Telor Sampe Bosen. Paling hobi makan pake ceplokk telor adalah Abang Ilhan. Abang yang tadinya suka minta bikinin ambu, sejak karantina ini udah jagoan bikin sunny side up sendiri dong. "Mbu aku udah bikin telor ceplok tadi, boleh bikin lagi nggak?",  itu pertanyaan yang biasa dia tanyakan hahaha

4.      Bikin kopi! Babeh dan Ambu only lah ya, anak-anak mana doyan. Babeh ini rajin banget bikin es kopi susu yang rasanya enak dan mantap, nggak jauh beda deh sama Kopi Tuku favorit ambu. Babeh selaku barista keluarga memang niat kalo bikin kopi. Nyeduhnya pake v60 dan ada takaran khususnya. Tak lupa kopinya pake gula aren dan fresh milk. Istrinya harus menguatkan iman supaya tak tergoda ngabisin, eh ikutan nyeruput . Udahlah ambuu kopi gayo aja udah paling aman karena ga pake tambahan gula dan susu. Untungnyaa sang barista sekarang lagi hobi bikin cold brew, nah kalo itu oke.. aman lah buatku. Cemplungin 3 bongkah es batu trus siram pake cold brew yang didiamkan 6 jam… hmmm suegeeer

5.   Mengasah Life Skill. Kemaren Abang Ilhan mulai belajar menjahit. Sama ambu? oh bukan tapi sama bokapnya sesama cowok hahaha.. Iya menjahitnya pake alat jahit punya babeh. Sekarang abang udah bisa menambal beberapa celana favoritnya yang sobek. Good Job my Boy!

6.      Hand Lettering. Kalo Andra lagi hobi mengasah keterampilan motorik halusnya dengan membuat hand lettering tiap hari. Makin lama hasilnya makin bagus loh Ndra, kereeen. Karena rajin berlatih, Encing Archie ngasih brush pen Tombow, yang juga hadiah karena Andra udah hapal 2 juz Al Quran. Yeay! So Proud of you my Girl!

7.   Mengkompos Sampah Dapur. Tepat tanggal 22 Maret babeh bikinin ambu komposter DIY, bahagiaa sekali hatiku karena akhirnya punya komposter anaerob. Sebelumnya ambu pake komposter aerob alias lazy komposter (yang dibikin dari pot bekas) jadi cuma bisa dipake buat sisa sampah sayur dan buah saja. Sekarang semua sampah organik bisa masuk. Thanks ya suamiku tercinta ๐Ÿ’—.

8.     Masak. Nah, kalo ibu-ibu lain pada rajin bikin kue dan masakan-masakan lain yang tingkat kesulitannya lumayan, anak2 sepertinya mengerti kalo ibunya nggak jago jago amat masak hahaha. Dibikinin roti bakar keju, kentang panggang dan seblak pun mereka sudah bahagia dan minta dibikinin lagi.

Seblak ala Ambu


Kegiatan lainnya standar lah ya seperti biasa sebelum karantina diberlakukan. Kecuali mungkin sekarang kami jadi shalat berempat terus, karena kan nggak bisa ke masjid.. Biasanya waktu kaya gini dimanfaatkan untuk saling koreksi kalo ada gerakan atau bacaan yang masih salah atau kurang pas.

***

Barangsiapa yang memiliki dua nikmat ini (yaitu waktu senggang dan nikmat sehat), hendaklah ia bersemangat, jangan sampai ia tertipu dengan meninggalkan syukur pada Allah atas nikmat yang diberikan

10 comments:

  1. Jadi pgn nyobain telor ceplok buatan ilhan, enak kyknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesukaannya dia itu yang 3/4 mateng. Ayo ummi Hani tim ceplok telor mateng atau setengah mateng nih?

      Delete
  2. Iyuuww, gak suka yg stgh mateng, gak jd deh ilhan, nyobain ceplok telornya๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan setengah, tapi tiga perempat mateng.. enyaak looh ๐Ÿ˜‹

      Delete
    2. Tiga perempat mateng kira2 brp detik ngegorengnya๐Ÿ˜„

      Delete
    3. Belum pernah pake timer hehehe..tapi nggak itungan detik lah, minimal 4 menit ๐Ÿ˜

      Delete
  3. aku paling suka makan maskan ambu adalah SEBLAAKK.. MANCAAUUPP...๐Ÿ˜๐Ÿฅฐ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. tengkyu, bentar lagi juga Andra bisa lah bikin seblak mah

      Delete
  4. Di rumh ada kopi gayo loh tapi ga laku.. Hehe bala ceunah, teuteup disini mah kopi kapal api paporit��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gayo nya apa dulu, nggak semua sesuai selera disini juga. Ada yang wine, honey..teteh nggak suka. Tapi lumayan kalo dibikin cold brew, seger.

      Delete