15 October 2021

Nh. Dini : Tanah Baru, Tanah Air Kedua


Buku ini saya pilih secara random di aplikasi pinjam buku gratis ipusnas, saya tidak tahu dan tidak mencari sinopsis buku ini sebelumnya. Hanya berbekal rasa percaya akan pengalaman bahwa membaca tulisan Nh. Dini selalu bisa saya nikmati.

 

Tanah Baru Tanah Air Kedua mengisahkan perjuangan kehidupan seorang guru di daerah transmigrasi bernama Samirin (saya kadang silap membacanya menjadi Sarimin). Apa saja tantangan yang harus ia hadapi, bagaimana kondisi alam dan sosial disana, bagaimana keadaan daerah Kalimantan Selatan pada awal dibukanya lahan transmigrasi (mungkin sekitar tahun 1980 sekian), bagaimana kehidupan keluarganya. Selain itu juga diceritakan kekhasan etnis-etnis pendatang yang mendiami kawasan tersebut.  

 

Saya pernah mengunjungi beberapa tempat di Kalimantan Selatan sekitar tahun 2006 atau belasan tahun kemudian. Sambil membaca buku tersebut saya ikut membayangkan perjalanan saat melewati Banjarmasin, Pleihari, Banjar Baru, kotakota yang pernah saya singgahi. 

 

Dari buku ini tergambar kesulitan para transmigran perintis termasuk juga para guru yang didatangkan dari Pulau Jawa, dalam memenuhi kebutuhan dasarnya. Untuk mendapatkan sayur mayur mereka harus menanam sendiri benih dan bibit yang cukup sulit diperoleh disana.  Sebelum ditanami, lahan jatah mereka juga harus diolah terlebih dahulu karena kondisinya berbeda dengan tanah  di daerah asal, belum lagi jika mereka tidak beruntung mendapatkan lahan gambut yang sulit diolah. Benar-benar perjuangan. Bagi yang hobi berkebun, sepertinya membaca buku ini bisa meningkatkan semangat untuk menanam :)

 

Ini adalah karya mendiang Nh Dini kesekian yang saya baca, dan seperti biasa saya menikmati gaya penulisannya yang mengalir sederhana namun memberi makna dan meninggalkan kesan. Salah satu ciri sebuah buku berkesan untuk saya adalah munculnya rasa ingin tahu dan penasaran. Setelah membaca buku ini saya mengecek google map, ingin mengetahui bagaimana penampakan daerah-daerah yang diceritakan dalam kisah ini. 

 

Nh. Dini adalah penulis produktif yang memiliki cukup banyak karya yang dipublikasikan. Ini membuat saya tenang mengetahui banyak tulisan bagus lain karyanya yang bisa saya baca setelah ini.

 

No comments:

Post a Comment