07 February 2005

thoughts

From : bluemoongirl@m...
Date : Mon Aug 25, 2003 3:32 pm
Subject: tentang sesuatu...

apakah membaca karya sastra hanya suatu pelarian jiwa dari segala kerumitan hidup..? agar pikiran kita tidak terfokus pada hal2 yg menjemukan, menyebalkan,ataupun hal-hal lain yang beraura negatif...?
melupakan semuanya untuk sejenak, membiarkan pikiran kita relaksasi untuk sementara...

apakah itu sejenis candu? karena itu bukan solusi..setelah kita terhibur sesaat,kita akan kembali lagi ke real world, mau tidak mau mesti menghadapi dunia nyata yang tidak seindah dunia yg kita (setidaknya saya) idamkan. Bukan pemecahan bagi kerumitan hidup...

~well, setidaknya memberi sedikit nafas segar kali ya...?~

membaca kisah dalam karya sastra misalnya dalam bentuk novel, membuat (saya) lebih bisa merasakan kehidupan yang biasa kita lalui dengan sangat cepat (hampir tidak terasa) menjadi lebih pelan.
dengan membaca suatu kisah kehidupan, saya merasakan hal-hal kecil lebih detail,semua menjadi terlihat lebih dekat.

walaupun yg dihadapi adalah kisah lain -yg mungkin saja berbeda dg kisah diri sendiri, tapi tetap saja efeknya kadang menghadirkan flashback potongan-potongan cerita masa lalu, atau bahkan flashback kejadian satu jam lalu dan menjadikan kejadian itu lebih teresapi...

dengan begitu, bagi saya membaca menjadi salah satu stimulus yg menghasilkan respon yg salah satunya berupa fenomena seperti hal tersebut.

setelah mengenali fenomena yg dihasilkan stimulus, biasanya saya jadi tergerak untuk menganalisanya dan kemudian menuliskannya (istilahnya teh katarsis yg menimbulkan inspirasi~ meureun..)

setelah menuliskannya, saya jadi lebih memahami apa yang sebelumya tidak disadari, memandang suatu hal dari sudut pandang yang lain... ternyata memandang dengan cara berbeda bisa menghasilkan sensasi baru yang menyenangkan, misalnya saja menjadikan kita sebagai orang luar yg mengamati hidup kita sendiri, yg kadang bikin marah, kesal bahkan kagum pd diri sendiri, (hehehe kebangkitan narcissism euy)


nya pokonamah, itu salah satu efek baca buat saya, how about you guys, pada kaya gitu nggak sih?

No comments:

Post a Comment