02 April 2021

Biskuit Rasa Jadul

Beberapa bulan terakhir ini saya  memilih berbelanja bulanan di suatu toko retail berinisial N yang terletak di luar planet Bekasi. Belanjanya sampe ke Kabupaten Bogor dongss.. meni gaya jarambah, belanja aja sampe keluar kota 😂😂

Kenapa belanjanya nggak di Bekasi aja sih.🤔 alasannya banyak,  nanti kapan-kapan dijembrengin (tapi nggak janji). Kali saya mau cerita kalau di toko ini saya tidak sengaja menemukan biskuit-biskuit enak buat teman minum kopi hitam. 

Lotus Biscoff

Ini biskuit jadul yang pertama saya temukan di toko retail berinisial N.  Biskuit karamel (caramelised biscuit) ini konon lagi ngetren dikalangan tukang jajan. Hmm saya kurang paham soal ngehits atau nggaknya karena memang udah jarang jajan ataupun mencoba makanan yang lagi trending,  tapi kadang saya liat biskuit ini seliweran di marketplace ataupun instagram. Selain dimakan langsung, biskuit ini sering jadi topping atau taburan berbagai jenis makanan atau minuman kekinian. 

Mumpung ada di depan mata, saya pun nyoba beli dan menurut saya rasanya enaak.. mengingatkan pada kue-kue kering jaman baheula. Rasanya manis gula merah..ya karamel lah biar rada keren, dan kalau dicium ada sedikit aroma rempah kayu manis tapi tidak terlalu kentara. Biskuit ini pas untuk jadi teman nyeruput kopi hitam yang pahit.

Pertama kali beli, harga Lotus Biscoff  dengan berat 250g masih 30.000, tapi terakhir kesana sekitar satu pekan lalu harganya sudah naik jadi 32.000 ribu ~jangan-jangan harganya naik karena banyak yang beli 😏

Di bungkusnya tertulis biskuit ini berasal dari Belgia dan sudah ada sejak tahun 1932.. wah sudah lama sekali ternyata. Awalnya namanya Lotus doang, tapi karena banyak yang merasa dia berjodoh banget sama kopi ditambahkanlah nama belakang Biscoff.. singkatan dari Biscuit Coffee.

Setelah saya browsing lebih lanjut, ternyata disini si Lotus Biscoff ini memang sedang naik daun sejak 2020. Waw cukup lama juga ya. Pengetahuan jajanan saya memang tidak terlalu update, maklumlah saya jarang berpetualang di ranah ojolfood 😆.  Saya sudah dua kali membeli biskuit ini. Apakah saya akan membelinya kembali. Sepertinya sudah cukup, karena masih ada biskuit yang lebih saya sukai, 

Rating: ⭐⭐⭐

   
Buat saya ada biskuit dengan rasa serupa yang rasanya lebih enak loh... apakah itu, ada yan tau?
Iyaak betul, Verkade Speculaas.
mari kita review...


Verkade Speculaas

Saya lebih memilih Verkade dibandingkan Lotus karena rasanya lebih pas buat saya. Verkade tidak terlalu manis sepert Lotus. Renyahnya lebih pas di mulut, dan teksturnya nggak bikin tenggorokan jadi seret. Rasa rempahnya pun lebih terasa dibanding Lotus. Rasa rempah Verkade masih terasa dimulut saat dikunyah bukan cuma aromanya saja. Enak enak enak.. 

Verkade Speculaas
Oiya Verkade itu adalah merek biskuit yang asalnya dari negara tetangganya Lotus Biscoff .. iyes betul sekali asalnya adalah dari Belanda. Sementara speculaas itu adalah nama jenis kuenya.  Speculaas adalah sebutan untuk biskuit rempah rasa kayu manis yang berasal dari Belanda. Bentuknya khas dengan gambar gambar di permukaan biskuitnya. Katanya speculaas ini sudah dibawa Belanda ke Indonesia sejak zaman V.O.C  😲 Lebih lejen dari Lotus dong kalo begitu..

Beberapa tahun lalu saya pernah juga beberapa kali membeli Verkade Speculaas ini di supermarket berakhiran Indo padahal punya londo (baca: superindo). Tapi saat itu saya belum terlalu ketagihan kopi hitam pahit seperti sekarang, kopi yang saya minum masih memakai gula, jadi teman ngopinya cemilan dengan rasa lebih netral bukan biskuit yang cenderung manis.  

Nah, di toko N ini, ada beberapa varian Verkade Spekulaas, bukan hanya yang original. Ada rasa jahe, mentega, kelapa, kacang mede, jahe kayu manis (kruid), sand (lemon), dan kelapa...wah banyaaak. Kemarin saya hanya membeli yang rasa original, butter dan kruid. Rasa ketiganya hampir sama, bedanya tipiiis banget hampir tidak kentara. Speculaas original lebih terasa kayu manisnya, butter lebih asin sedikit, dan yang kruid ada rasa jahe tipis-tipis, pas tidak terlalu tajam atau berlebihan.  Semuanya saya suka 😍   
  
                    
Speculaas butter
Kruid alias jahe kayu manis

Satu lagi kenapa biskuit ini bikin saya senang, harganya lebih bersahabat di kocek euy. Verkade 100g original harganya cuma 6800, yang butter 150g harganya 10.000, dan kruid 150g harganya 11.700.. murah meriah oy 😍😍  Repurchase: so pasti, rncananya, kalau belanja kesana lagi saya mau nyetok biskuit ini lebih banyak. 

Rating : ⭐⭐⭐⭐⭐ 

Oke untuk kali ini review dua merek dulu aja, nanti lanjut lagi kalau sudah mencoba biskuit jadul yang lainnya (iya, masih ada merk lain). Kira-kira biskuit apalagi coba?

1 comment: