03 January 2014

Sekilas Info: Taman Tematik di Bandung

SEJAK Ridwan Kamil menjadi wali kota Bandung, banyak perubahan positif dan hal-hal baru yang menarik di kota kelahiranku ini, salah satunya "make over" taman-taman di Bandung yang tadinya terbengkalai menjadi taman yang mengasikan untuk dikunjungi. Mantab euy. 

Berikut saya share artikel tentang taman tematik yang diambil dari situs www.bandungreview.com


Taman Kota Tematik ala Bandung

Untuk mewujudkan kembali kota Bandung yang bersih, hijau dan berbunga walikota Bandung Ridwan Kamil memiliki program membangun taman tematik. Sebanyak 600 taman yang ada di kota Bandung akan dijadikan taman tematik demi mewujudkan impian tersebut.

Salah satu taman yang akan disulap oleh pemkot Bandung adalah taman Cempaka yang terletak di Jalan Anggrek. Taman ini sedang diproyeksikan untuk menjadi taman fotografi. Taman ini diharapkan akan menjadi pusat kegiatan bagi warga yang menyukai hobi fotogafi. Di taman ini nantinya akan diselenggarakan berbagai kegiatan termasuk pameran-pameran foto outdoor.

Di taman Cempaka yang belum selesai ditata seluruhnya ini baru terdapat bangku-bangku taman, dan beberapa ayunan. Rencananya di taman ini akan dibuat ornamen huruf 'C' di salah satu penjuru taman. Huruf tersebut bisa menandai taman Cempaka atau juga bisa berarti Camera.

Selain menyulap taman Cempaka menjadi taman fotografi, pemerintah kota Bandung juga sedang menyiapkan taman PPI Ciujung yang akan dijadikan taman Persib. Rencananya di taman Persib ini akan dilengkapi rumput dengan kualitas yang baik sehingga dapat dipakai untuk bermain sepakbola. Selain itu juga sebagai penghargaan terhadap legenda Persib, akan dibangun patung-patung legenda Persib yang sudah dipilih oleh bobotoh sebelumnya.

Taman-taman tematik yang sedang disiapkan pemerintah kota Bandung ini nantinya akan memiliki akses internet gratis. Selain itu juga akan ada perpustakaan kecil sehingga masyarakat yang hadir bisa membaca buku ditemani angin sepoi-sepoi khas Kota Bandung. Taman-taman ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas toilet dan pos untuk penjaga taman yang bertugas sampai malam.

Dilansir dari Diskominfo Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, bahwa nantinya taman tematik ini akan dikelola oleh komunitas yang ada di Bandung. “Pengelolaan akan diserahkan kepada kelompok masyarakat atau komunitas. Sehingga nantinya akan terbentuk segitiga. Pemerintah kota yang mengurus perizinan, yang kedua adalah pihak ketiga sebagai yang mendanai, dan ketiga adalah komunitas yang menjaga aktifasi taman.”

Dari 600 taman yang terdapat di Kota Bandung, baru sebanyak 30 taman yang direncanakan akan disulap menjadi taman tematik oleh pemkot Bandung. Dari 30 taman tersebut diantaranya adalah taman fotografi, taman Persib, taman lansia gaul, taman musik, taman lampion, taman dinosaurus, taman superhero dan masih banyak lagi.

Dengan memperbanyak dan menghidupkan taman kota yang ada di Bandung diharapkan dapat mewujudkan kembali kota Bandung yang bersih, hijau dan berbunga. Selain itu, dengan banyaknya taman kota diharapkan dapat menghilangkan stress warga Kota Bandung. “Karena ciri kota yang sehat adalah warganya yang berinteraksi di taman”, ucap Ridwan Kamil.

No comments:

Post a Comment